TUJUAN PROGRAM STUDI BAHASA INDONESIA UNU BLITAR

Tujuan Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia (PS PBI) Universitas Nahdlatul Ulama Blitar Blitar adalah menghasilkan lulusan:
  1. Memiliki bakat, mina, panggilan jiwa, idealisme, komitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan, keimanan, ketaqwaan, dan akhlak mulia.
  2. Memiliki kompentesi profesionalisme dalam tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan melatih, dan mengevaluasi peserta didik
  3. Memiliki kompetensi profesional, pedagogik, sosial dan kepribadian yang mampu menguasai cara berpikir, teori, generalisasi, konsep, prosedur dan fakta penting sebagai dasar pengembangan ilmu lanjut.
  4. Memiliki kompetensi dan performansi tambahan keilmuan dengan wawasan, sikap, keterampilan keguruan serta memiliki komitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan, keimanan, ketagwaan, dan akhlak mulia dalam mengembangkan proses dan pelaksanaan pendidikan nasional.
  5. Mampu mengembangkan dan menerapkan ipteks yang memiliki kebiasaan, nilai, dan kecenderungan pribadi yang menunjang kompetensi profesi guru.
  6. Mampu menyelenggarakan sistem kelembagaan pada tingkat program studi yang demokratis, efektif, efisien, kredibel, transparan, akuntabel, jujur, adil dan bertangung jawab.
  7. Memiliki kemampuan untuk berkomunikasi sosial dan menjalin kerjasama dalam pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi dengan semua pihak yang dilandasi komitmen positif.
Lulusan Program Studi PBI Universitas Nahdlatul Ulama Blitar diharapkan memiliki kompetensi dalam bidang Pendidikan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa Indonesia serta bidang lain yang terkait. Secara umum kompetensi lulusan adalah menjadi guru bidang studi Bahasa Indonesia yang memiliki kompetensi sebagai berikut.
  1. Kompetensi Profesional (Pengetahuan dan Pemahaman)
    • Mengguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung pengembangan materi pembelajaran bahasa Indonesia.
    • Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran bahasa Indonesia.
    • Menguasai pengembangan materi pembelajaran bahasa Indonesia secara kreatif.
    • Mengembangkan keprofesionalan secara berkala berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif.
    • Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi serta mengembangkan diri.
  2. Kompetensi Pedagogik (Keterampilan Intelektual)
    • Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosal, kultural, emosional, dan intelektual.
    • Memahami dan mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran bahasa Indonesia atau bidang pengembangan yang diampu.
    • Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.
    • Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
    • Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik.
    • Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik.
    • Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran.
    • Menguasai pemahaman dalam memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.
    • Menguasai penyelenggaraan penilaian, evaluasi proses dan hasil belajar serta memanfaatkannya untuk kepentingan pembelajaran.
    • Meningkatkan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran.
  3. Kompetensi Sosial (Keterampilan Managerial dan Sikap)
    • Bersikap inklusif, bertindak objektif, serta tidak diskrimanatif karena pertimbangan jenis kelamin agama, ras, kondisi fisik, latar belakag keluarga, dan status sosial ekonomi.
    • Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat.
    • Beradaptasi di tempat bertugas di seluruh wilayah Replubik Indonesia yang memiliki keragaman sosial budaya
    • Menjunjung tinggi norma, tata-nilai, moral, agama, etika dan tanggung jawab profesional berlandaskan Islam Ahlussunnah Wal Jama’ah .
    • Menguasai interaksi educatif antara guru, siswa, orang tua, dan masyarakat yang memiliki keragaman sosial budaya.
    • Berkomunikasi dengan komunitas profesi sendiri dan profesi lain secara lisan dan tulisan atau bentuk lain.
  4. Kompetensi Kepribadian (Keterampilan Praktis)
    • Bertindak sesuai norma agama, hukum, sosal, dan kebudayan nasional Indonesia.
    • Memiliki kepribadian yang mantap, berakhlak mulia, arif, menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia dan teladan bagi peserta didik serta masyarakat.
    • Memahami dalam bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, dan kebudayaan nasional Indonesia.
    • Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa.
    • Memahami tugas dan fungsi profesi guru sebagai guru bahasa Indonesia.
    • Mengerti dampak inovasi pendidikan dalam pembentukan watak dan karakter bangsa.
    • Mampu mengembangkan diri dan mampu berfikir secara logis dan analitis untuk menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi secara profesional.
    • Menunjukkan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru, dan rasa percaya diri serta menjunjung tinggi kode etik profesi guru.
  5. Kompetensi Unggulan
    • Menguasai secara aktif pengoperasian komputer dalam mengolah informasi dan menganalisis data berbasis komputer.
    • Menguasai teknologi telekomunikasi dan menguasai asas yang terdapat dalam anekaragam sarana komunikasi modern.
    • Menguasai teknik-teknik dalam ilmu falaq dan aplikasinya.